Tips Merawat Laptop



Untuk membantu  bekerja anda niscaya membutuhkan alat yang satu ini yakni laptop, semua pekerjaan menyerupai aplikasi office, pemrograman, desain grafis, desain arsitektur niscaya membutuhkan laptop. Bukan hanya itu untuk membantu perjuangan contohnya toko online niscaya anda juga membutuhkan, untuk memantau hasil jualan lewat internet. Itulah sebagian kecil kegunaan laptop, yang tentunya anda tidak mau barang berharga yang satu ini cepat rusak, dan data data yang tersimpan di dalamnya hilang. Nah untuk menjaga kerusakan yang tidak di inginkan saya akan membagikan beberapa tips untuk merawat laptop. 

Berikut beberapa tips yang sanggup anda gunakan

1. Jangan lupa shutdown laptop untuk mematikannya
Laptop harus dimatikan kalau tidak di perguanakn, hal ini bertujuan untuk mencegah kondisi laptop panas ketika sedang tidak di pergunakan, pastikan selalu shutdown untuk mematikannya.

2. Perhatikan ketika membawanya
Saat komputer sedang tidak di pergunakan pastikan anda kemas dimasukkan ke dalam tas ketika di bawa bepergian usahakan dalam kondisi mati jangan stanby. Kondisi stanby bergotong-royong hardisk laptop masih bekerja ini sanggup mengakibatkan kerusakan hardisk ketika laptop di masukkan ke dalam tas. jangan terlalu banyak barang bawaan yang ada di dalam tas, alasannya yaitu beban tersebut akan menambah berat dan tekanan ke layar laptop dan mengakibatkan kerusakan.

3. Install software anti virusKomputer laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet rawan terkena malware, spyware, ransomware sebaiknya laptop di tambahkan anti virus yang juga berfungsi sebagai firewall tambahan untuk mencegah hal tersebut, meskipun sistem opsrasi yang terinstall di dalamnya sudah di lengkapi dengan firewall. Anti virus bertujuan untuk menutupi kelemahan celah yang ada pada sistem operasi.

4.  Tidak sembarangan menentukan software aplikasi
Software yang ingin anda install ke dalam sistem operasi laptop pilihlah yang benar benar aman, jangan sembarangan mengunduh software di internet dari situs yang tidak jelas. Meskipun software yang di unduh gratis pastikan tidak ada virus yang ikut dalam software tersebut.

5. Rutin update OS pada laptop
Melakukan update sistem operasi sangat di anjurkan, berkhasiat untuk menutupi celah keamanan dari pembuat OS yang bersangkutan. Anti virus juga perlu di lakukan update, biasanya untuk urusan update akan secara otomatis bila komputer laptop kita terhubung ke jaringan internet. Memang update ini biasanya sangat mengganggu kita, namun aktivitas update sanggup kita setting sesuai kemauan kita.

6. Melepas embel-embel laptop
Jika laptop tidak di pergunakan lepaslah charger yang tertancap ke saluran listrik kalau kondisi batrei telah penuh. Mencabut embel-embel laptop penting begitu laptop dalam kemasan menyerupai dimasukkan ke dalam tas, laptop maupun embel-embel menjadi lebih awet.

7. Bersihkan laptop secara rutin
Bersihkan laptop minimal seminggu sekali, menyerupai membersihkan layar monitor dengan tisu basah, keuboard serta casing laptop. Celah celah ventilasi pendingin perlu juga di bersihkan dari debu yang menempel, debu sanggup menghambat penghantar panas ketika proses pendinginan processor.

8. Menjauhkan dari barang basah
Barang elektronik rawan sekali rusak kalau terkena air, kandungan air sanggup mengakibatkan konsleting terhadap komponen di dalamnya. Hindari menaruh barang berair yang bersahabat dengan laptop, kalau terkena air maka proses perbaikan sangat sulit dan harus mengganti dengan komponen yang baru.

9. Jangan melepas batrei ketika laptop di pergunakan
Batrei yang di lepas namun charger terpasang sanggup merusak komponen laptop alasannya yaitu arus yang masuk tanpa melewati batrei sehingga sanggup besar lengan berkuasa terhadap usia komponen elektronik pada laptop. 

10. Jangan hingga sisa arus listrik batrei 0%
Jika arus batrei sudah lemah usahakan laptop di amtikan dan segera di isi daya dengan charger, meskipun sebagian laptop akan otomatis mati sendiri sebelum daya batrei 0%.

11. Jangan menutup LCD sehabis laptop di matikan
Cara ini berkhasiat untuk menjaga sirkulasi panas yang ada pada celah celah keyboard, kalau pribadi di tutup panas akan merusak LCD, minimal tunggu hingga 30 menit.

Itulah beberapa tips yang sanggup saya sampaikan, terima kasih telah membaca artikel ini supaya sanggup berkhasiat bagi pembaca sekalian dan bermanfaat bagi orang lain.