Tips Menentukan Lensa Kamera Terbaik



Cara menentukan lensa kamera yang manis dan baka untuk di gunakan sangat berperan dalam pengambilan fotografi. Lensa menjadi aspek yang penting semoga sanggup menghasilkan kuliatas fotografi yang di hasilkan, sangat kuat dalam pemilihan lensa kamera yang di gunakan.

Untuk menentukan pilihan dalam menentukan lensa kamera, masih banyak hal yang perlu di pahami sebelum memutuskan untuk membeli lensa kamera itu sendiri. Jika anda mungkin gres menekuni dunia fotografi, tentunya hasil fotografi harus di dukung oleh kamera dan lensa yang sesuai, menentukan lensa kamera harus di lakukan dengan sangat teliti dan berhati hati, kalau salah menentukan maka hasil foto tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Kali ini saya membagikan beberapa tips untuk menentukan lensa kamera sesuai kebutuhan dan cocok di gunakan.

1. Memahami kebutuhan fotografi
Pahami kebutuham fotografi yang ingin di gunakan, kalau ingin mengambil fotografi untuk program umum menyerupai keluarga maka lensa 18-55 mm sudah mencukupi. Pahami jenis lensa seperti lensa tele, lensa wide, lensa fix, atau lensa makro, semua tipe lensa itu mempunyai kelebihan masing-masing.

Jika anda bahagia menekuni fotografi menyerupai binatang hewan, burung niscaya membutuhkan lensa tele, namun kalau menyukai jenis foto binatang serangga maka butuh lensa jenis makro.

2. Mengerti spesifikasi lensa
Setelah memahami kebutuhan yang di gunakan maka pelajari juiga spesifikasi lensa yang ingin dibeli, ada beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan sebelum menentukan lensa kamera seperti kualitas optik, jarak fokus, dan aperture (bukaan lensa). masing masing tipe mempunyai keunggulan dan kelebihan yang di tawarkan, untuk menunjang fotografi anda. 

3. Sesuaikan tipe lensa dan kamera
Agar cocok dengan tipe kamera, maka lensa yang di gunakan harus sesuai semoga sanggup maksimal hasil yang di ambil ketika fotografi. Memilih lensa yang tidak sesuai akan menciptakan hasil fotografi menjadi tidak makasimal bahkan sanggup mengalami kerugian jawaban lensa yang terlanjur di beli tidak sanggup di pakai.

Pastikan lensa dan sensor kamera yang di gunakan cocok sesuai tipe yang di beli, kamera DSLR mempunyai sensor full frame dan sensor APSC. Silahkan di pahami jenis kamera dan lensa sehingga sanggup dipasang di kamera yang anda gunakan.

4. Pertimbangkan berat lensa
saat anda mencari lensa untuk kebutuhna traveling misalnya, sebaiknya anda prioritaskan bobot lensa yang anda gunakan. Lensa yang berat akan mensugesti mobilitas traveling pada waktu di perjalanan. Namun kalau untuk kebutuhan sehari hari mmeiliki lensa dengan bobot semoga berat juga tidak masalah.

5. Kecepatan lensa
Kecepatan lensa merupakan point yang sangat penting dalam menunjang fotografi anda, lensa yang cepat mempunyai apertur maksimal yang lebar misal f/2.8,f/1.8, dan seterusnya. apertur yang lebar sanggup menghasilkan jumlah cahaya yang masuk dan kecepatan shutter speed lebih cepat namun kekurangannya mahal dan berat. Sebagai contoh, lensa kamera dengan aperture f/2.0 mempunyai bukaan yang lebih besar dibanding f/2.8. Semakin besar angkanya, maka semakin kecil bukaan lensanya. Dan, hal ini berlaku sebaliknya.

6. Ergonomi
memilih lensa harus di perhatikan ergonomi ketika memegang lensa, pastikan lensa tersebut yummy di genggam dengan erat.

7. Pilihlah jenis Lensa Fix atau Zoom.
Jika ingin membeli lensa untuk keperluan keluarga atau foto dengan sobat yang di gunakan dalam ruangan, sebaiknya pilihlah jenis lensa fix. Namun kalau anda hobi foto di luar ruangan atau mengambil objek foto dari kejauhan yang cocok memakai jenis lensa zoom. Karena sanggup menghasilkan kualitas foto yang baik meski dalam jarak jauh.

8. Ujilah lensa yang akan di beli.
Jika anda menentukan lensa kamera di toko, sebaiknya anda bawa bodi kamera yang anda miliki, hal ini bertujuan untuk mengetes secara eksklusif kondisi dan kualitas lensa dengan kamera yang anda miliki. Pastikan lensa kamera tidak gagal fokus dan mendapat fokus objek yang tepat. Kebersihan optik lensa harus perhatikan, pilihlah optik lensa yang higienis dan tidak berjamur, meskipun barang gres sanggup saja ada jamur di lensa alasannya ialah terlalu usang di simpan

9. Perhatikan spesifikasi lensa
Spesifikasi lensa perlu juga di perhatikan, mencakup kualitas optic, ketahan terhadap cuaca lembab abu dan air, kualitas fokus lensa serta image stabilizer.
Semakin manis spesifikasi yang dimiliki maka akan berbanding dengan harga jual yang di miliki lensa tersebut.

10. Pastikan Garansi Resmi
Garansi resmi sangat penting, kalau ada kerusakan anda sanggup klaim ke toko penjual sehingga akan mendapat garansi eksklusif dengan produsen kamera atau pabrik pembuatnya. Garansi produsen lebih terpercaya dari pada garansi yang di berikan oleh toko.

Itulah beberapa tips ketika anda ingin membeli lensa kamera, kegiatan fotografi akan terasa lebih menarik dan maksimal dengan menentukan lensa kamera yang tepat, demikian semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.