Acer Swift 3, Performa Memukau Harga Terjangkau

Akhir tahun lalu, Acer merilis laptop terbaru dari kelas mid-end, yakni Acer Swift 3.

Produsen asal Taiwan ini memberi label “Day Edition” pada laptop terbarunya.

Label tersebut diberikan Acer karena laptop ini didesain untuk menunjang kebutuhan laptop untuk orang dengan mobilitas tinggi.

Desain
Acer Swift 3 hadir dengan balutan bodi berbahan alumunium yang membuat laptop ini terkesan premium, meskipun harganya relatif terjangkau. Didesain untuk kebutuhan mobile, laptop ini memiliki bobot yang cukup ringan, hanya 1,5 kg.

Selain itu, ketebalannya pun cukup ringkas untuk dimasukan ke ransel, yakni 17,5 mm dengan panjang dan lebar 338 x 234 mm.

Laptop ini memiliki tampilan yang slicky, namun tak rentan dengan sidik jari serta tidak licin dipegang meski tangan berkeringat atau basah. Bagian bawah laptop ini terdapat deretan lubang udara dengan tiga kaki penyangga karet. Terdapat pula 2 buah speaker yang berada di sisi kanan dan kiri di bagian bawah dekat penyangga depan.
Pada sisi kiri terdapat konektor DC-IN, HDMI, 1x Port USB 3.1 type-C, 2x USB 3.1 type A dan headphone microphone combo jack. Sedangkan, di sisi sebaliknya terdapat lubang Kensington Security Slot, 1x USB 2.0, memory card reader dan dua buah lampu indikator.

Layar
Ketika laptop ini dibuka, akan nampak layar IPS seluas 14 inci yang sudah full HD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel yang menghasilkan kerapatan piksel 157 ppi. Tampilan layarnya cukup tajam dengan sudut pandang yang sangat luas, mencapai 170°.
Jika masih belum puas dengan sudut pandang, Anda bisa mendorong layarnya ke belakang hingga 180°. Meskipun laptop ini belum mengadopsi fitur touchscreen seperti laptop baru kebanyakan, tapi layarnya sudah dilengkapi Gorilla Glass yang dapat meminimalisir kerusakan.

Keyboard
Selain tampilan dan desain, keyboard yang digunakan juga mampu menambah kesan premium. Desain Keyboard Chiclet yang renggang dan lebar, memungkinkan pengguna untuk melakukan pengetikan dengan cepat dan akurat.
Touchpad-nya sendiri menggunakan model yang umum, dengan tombol klik kanan dan kiri yang menyatu. Penempatannya pun cukup baik, dengan area palmrest yang cukup luas sehingga mampu mengakomodir tangan ukuran besar. Laptop ini juga sudah memiliki fitur keamanan pemindai sidik jari yang bisa Anda temukan di bagian bawah keyboard.

OS dan Hardware
Laptop ini menggunakan sistem operasi (OS) Windows 10 Home Edition, yang kinerjanya menggunakan prosesor Intel Core i3 7020 dengan dukungan prosesor grafis (GPU) NVIDIA GeForce MX150 2GB.
Sedangkan, untuk sisi memori sendiri laptop ini menggunakan RAM DDR4 dengan kapasitas 4GB. Penyimpanan internalnya sendiri cukup besar dengan kapasitas 1TB. Jika merasa kurang dengan kapasitas RAM yang diberikan, Anda bisa upgrade di gerai Acer tanpa harus kehilangan garansi 2 tahun.

Baterai
Guna mendukung mobilitas, laptop ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar dan mampu bertahan hingga 11 jam lebih tanpa menggunakan akses Wi-Fi atau internet. Sedangkan, jika menggunakan akses internet, laptop ini mampu bertahan selama 8 jam, yang rasanya sudah lebih dari cukup.
Namun, kekurangan laptop ini adalah pengecasan yang cukup lama. Anda harus rela menghabiskan waktu 2 jam untuk mengecas hingga penuh. Pasalnya, perangkat pengisian daya yang digunakan memiliki kemampuan suplai listrik 65 watt.

Demikian ulasan singkat tentang Acer Swift 3.

Laptop ini dijual dengan berbagai ragam varian, yaitu dengan prosesor Intel Core i3 7020 (Gen 7) dengan RAM 4GB yang dibanderol Rp6,9 jutaan, Intel Core i5 8250 (Gen 8) dengan RAM 4GB dengan harga Rp8,6 jutaan, dan Intel Core i7 8550 (Gen 8) dengan RAM 8GB seharga Rp10,9 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *